Perbedaan rematik dan asam urat
Perbedaan rematik dan asam urat

Perbedaan reumatik dan asam urat, Masih banyak yang bingung mengenai apa perbedaan reumatik dan asam urat. Bahkan parahnya lagi banyak orang yang menyimpulkan bahwa reumatik dan asam urat adalah penyakit yang sama.

Perbedaan Reumatik Dan Asam Urat

Memang keduanya memiliki gejala yang sangat mirip namun pada kenyataannya keduanya sama sekali berbeda.

Untuk mengetahui apa perbedaannya, bagaimana cara membedakannya dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya, silahkan anda simak penjelasannya dibawah ini:

“Asam urat adalah rematik tapi rematik belum tentu asam urat”

Penyakit reumatik memiliki banyak jenis, dan salah satunya adalah asam urat.

dan untuk membedakan keduanya, kita bisa melihat dari definisi, penyebab dan gejalanya.

Definisi dan Penyebab reumatik

Reumatik adalah penyakit autoimun atau penyakit yang disebabkan oleh sistem imun yang menyerang jaringan tubuh lain yang sehat.

Sistem imun yang menyerang jaringan tubuh yang sehat dapat menyebabkan gangguan. Contoh penyakit reumatik: ketika sistem imun menyerang sendi yang sehat, maka akan menyebabkan terbentuknya lapisan tipis sel atau synovium.

Kemudian lama kelamaan lapisan ini akan menutupi seluruh persendian, menyebabkan peradangan dan menimbulkan pembengkakan. Semua ini akan menimbulkan berbagai gejala reumatik yang sangat mengganggu.

Definisi dan Penyebab Asam urat

Sedangkan asam urat adalah penyakit yang menyerang pada sendi, yang terbentuk oleh kadar asam urat atau purin didalam tubuh yang berlebih.

Ketika mengkonsumsi makanan tinggi purin, maka jumlah purin dalam tubuh akan melampaui batas normal, purin yang berlebihan ini akan menggumpal dan mengkristal pada persendian.

inilah yang mengakibatkan penderita asam urat mengalami pembengkakan peradanga, dan benjolan pada sendi mereka.

Gejala reumatik

Rematik umunya memiliki gejala yang lebih kompleks dibanding dengan asam urat.

Biasanya penderita reumatik akan merasakan gejala sakit bagian bahu, pinggang, leher, pengapuran pada sendi, infeksi pada bagian tubuh tertentu, dan gejala lainya (Bisa anda tambahkan dikolom komentar ^_^).

Gejala asam urat

Kita telah mengetahui apa saja gejala reumatik, lalu apa gejala asam urat?

Asam urat memiliki gejala yang khusus yaitu nyeri pada persendian, sendi yang terserang asam urat biasanya akan mengalami pembengkakan atau membentuk benjolan, peradangan dan menyebabkab sendi terasa kaku, dan sangat sakit atau nyeri.

Nah, jadi ingat asam urat dan rematik itu tidak sama ya, maka dari itu penanganan yang dilakukan juga tidak lah sama.

Cara Mengeluarkan Darah Haid yang Tidak Keluar

Previous article

Asam Lambung kumat? Begini Cara Mengatasinya!

Next article

You may also like

More in Asam Urat