pepaya untuk asam lambung

Pepaya untuk asam lambung – Diantara sekian banyak jenis buah buahan ada yang berbahaya dikonsumsi penderita asam lambung dan banyak juga yang aman dikonsumsi penderita asam lambung. Dan bahkan beberapa jenis buah dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena dapat membantu proses pemulihan dari penyakit asam lambung.

Pepaya Untuk Asam lambung

Pengobatan dengan buah buahan bisa menjadi alternatif pengobatan asam lambung. Nah salah satu buah yang sudah lama dikenal baik dalam mengatasi asam lambung adalah buah pepaya.

Pohon pepaya sangat mudah ditemukan, terlebih di negara beriklim tropis seperti di indonesia, bahkan banyak orang yang menanamnya dipekarangan rumah.

Buah pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan anti bakteri yang kuat, dan bahkan bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat, ternyata hampir semua bagian dari buah ini bisa dimanfaatkan.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Asam Lambung dan Pencernaan

pepaya untuk pencernaan

Buah yang tak kenal musim ini dapat mengontrol produksi asam lambung ditubuh kita. Dengan begitu Asam lambung tetap diproduksi dengan normal, tidak berlebih dan tidak naik ke kerongkongan.

Hal ini dikarenakan salah satu enzim didalamnya yaitu enzim papain. Enzim ini mampu mengontrol produksi asam di lambung, tak hanya itu enzim papain juga mampu mengoptimalkan penyerapan protein dalam proses pencernaan dalam lambung. 

Tak hanya itu, pepaya juga merupakan salah satu buah tinggi serat, dimana serat ini sangat bermanfaat baik untuk melancarkan proses pencernaan, Serat ini akan berubah menjadi gel, membuat makanan dalam lambung menjadi seperti jelly dan ini akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Tapi, konsumsilah buah pepaya yang matang ya, agar tak hanya baik bagi tubuh, juga enak dan segar.

Seperti yang diawal sudah dijelaskan, semua bagian dari pohon pepaya ini dapat dimanfaatkan, nah selain buahnya daun pepaya juga dikenal dapat menyembuhkan asam lambung, Bagaiman bisa?

Manfaat Daun Pepaya Untuk Asam Lambung dan Pencernaan

Daun pepaya juga banyak mengandung zat zat baik, diantaranya enzim papain, chymopapain, serta senyawa karpain.

Tak hanya itu, daun yang terasa sangat pahit ini mengandung vitamin C, B, A, E dan K yang tinggi. Selain itu kandungan mineral seperti sodium, magnesium, zat besi, dan kalsium juga terkandung banyak dalam daun pepaya.

Nah, daun pepaya untuk asam lambung ini bisa dimanfaatkan dengan dibuat sebagai teh. yaitu dengan cara sebagai berikut:

Daun yang dipakai untuk dijadikan teh daun pepaya adalah daun yang masih muda atau tidak terlalu tua. Selanjutnya daun dicuci bersih lalu ditiriskan setelah itu kemudian dikeringkan.

Proses pengeringan daun pepaya sendiri bisa dilakukan dengan cara dijemur atau bisa juga di-oven.

Setelah kering, daun pepaya ditumbuk hingga halus. Baru kemudian diseduh dengan air panas.

Agar bekerja maksimal, teh daun pepaya ini diminum 2 kali sehari secara rutin.

Tapi perlu diperhatikan ya, ternyata ibu hamil tidak disarankan untuk minum teh daun pepaya ini.

Nah cukup sampai disini dulu ya sharing kita menganai pepaya untuk asam lambung ini, semoga bermanfaat! Eh baca artikel lainnya juga ya tak kalah menarik dan bermanfaatnya kok ^_^

Artikel Viral : 

Air Hangat Untuk Asam Lambung, Ampuhkah?

Previous article

Bayam Untuk Asam Lambung, Ini 4 Manfaatnya!

Next article

You may also like

More in Asam Lambung