haid tidak teratur
penyebab haid tidak lancar dan sedikit, haid tidak teratur, penyebab haid sedikit, haid sedikit dan lama, penyebab menstruasi sedikit dan berwarna coklat

Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya!, Kali ini kita akan Membahas mengenai penyebab haid tidak lancar dan sedikit, penyebab haid sedikit, haid sedikit dan lama, simak ulasan lengkapnya ya,,,

Pola menstruasi yang dirasakan perempuan tidaklah sama. Sebagian wanita merasakan siklus haid yang panjang, sedangkan yang lainnya relatif pendek. Begitu pula dengan volume darahnya, terdapat yang alirannya lancar dan banyak, namun ada pula yang seperti darah haid nya sedikit dan tidak lancar,
 
Bagaimanapun ciri khas haid yang kita alami, normalnya akan  sama atau tidak berubah pada setiap bulannya. Lantas, bila tiba-tiba menstruasi terasa janggal sebab volume darah tidak sebanyak seperti biasanya, apa penyebabnya?
 
Apa penyebab darah menstruasi sedikit?
Jangan sepelekan evolusi yang terjadi pada siklus haid Anda, termasuk aliran darah menstruasi yang tidak sebanyak seperti biasanya (hypomenorrhea).
 
Seorang spesialis endokrinologi reproduksi mengatakan bahwa periode menstruasi yang terasa lebih ringan sebab volume darah yang keluar lebih  sedikit dapat disebabkan oleh masalah hormon atau struktural di organ tubuh Anda.

Baca Juga : Obat keputihan paling manjur

Penyebab Haid Tidak Lancar :

1. Sedang stres

 
Banyak orang yang mengaitkan stres dengan evolusi pada siklus menstruasi. Nyatanya, stres dapat merangsang hadirnya hormon kortisol yang lantas menghambat kerja hormon dalam tubuh, salah satunya hormon estrogen yang berperan dalam siklus ovulasi.
 
Penurunan kadar estrogen berikut yang menciptakan volume menstruasi tidak banyak atau bahkan tertunda sementara. Setelah stres pergi, seringkali menstruasi dapat kembali normal.

2. Kelenjar tiroid terlalu aktif

 
Produksi hormon tiroid yang terlalu Banyak (hipertiroid) bisa berakibat  buruk untuk jantung, otot, dan desakan darah. Di sisi lain, situasi ini bisa memengaruhi kelancaran menstruasi Anda. Akibatnya, aliran darah haid jadi lebih tidak banyak dari biasanya.

Kuramo Kunyit Putih Herbal Alami Atasi Haid Yang tidak Lancar dan mengganggu

3. Terkena gangguan PCOS

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) ialah gangguan reproduksi yang diakibatkan oleh ketidak seimbangan hormon dalam tubuh wanita. Wanita dengan PCOS seringkali mempunyai kadar hormon seks (estrogen dan progesteron) yang tidak seimbang, keunggulan hormon androgen (hormon seks pria), dan terdapat kista kecil di ovariumnya.
 
Semua situasi ini yang memengaruhi proses ovulasi normal sehingga menciptakan aliran menstruasi tidak lancar dan tidak cukup teratur. Gejalanya dapat meliputi darah menstruasi tidak banyak atau bahkan tidak menstruasi selama sejumlah waktu.

4. Sedang hamil

Seharusnya perempuan yang hamil tidak akan merasakan menstruasi. Namun, Anda barangkali saja merasakan bercak darah, yang tidak jarang dikira sebagai darah menstruasi dalam jumlah sedikit. Padahal ini bukanlah darah haid, tetapi tanda mula kehamilan yang dinamakan perdarahan implantasi.
 
Perdarahan implantasi ialah perdarahan yang terjadi ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel di lapisan dinding rahim sekitar 6-12 hari sesudah pembuahan. Di samping itu, bercak darah juga dapat mengindikasikan kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan.

5. Penggunaan perangkat kontrasepsi

 
Berdasarkan keterangan dari dr. Alyssa Dweck, seorang spesialis kehamilan dan kandungan sekaligus penulis kitab The Complete A to Z for Your V, menuturkan bahwa pemakaian alat kontrasepsi dapat mempersingkat hari menstruasi Anda sebab volume darah haid yang didapatkan relatif lebih sedikit.
 
Baik yang berbentuk pil minum ataupun KB spiral, perangkat kontrasepsi berisiko mengganggu kestabilan hormon dalam tubuh. Beberapa perempuan bahkan tidak merasakan menstruasi sama sekali. Jika kita merasa terganggu, segera lah ambil tindakan untuk mengatasinya..

6. Sedang dalam masa menyusui

 
Faktanya, menyusui dapat membuat masa ovulasi jadi tidak normal yang berimbas pada volume darah menstruasi sedikit, atau bahkan menunda menstruasi sementara. Bila kita menyusui dengan ASI eksklusif, maka menstruasi kesatu baru bakal terjadi 6 bulan sesudah melahirkan. Sementara bila tidak menyusui, maka menstruasi dapat datang lebih cepat dalam 6-8 minggu sesudah melahirkan.
 
Pasalnya sekitar menyusui, tubuh bakal memproduksi hormon prolaktin, alfa-laktalbumin, dan sintesis laktosa, yang dapat mengurangi hormon reproduksi pemicu ovulasi. Siklus normal baru bakal kembali sesudah masa menyusui selesai.

7. Penuaan/faktor usia

Faktor pertambahan umur merupakan dalil lain kenapa aliran darah menstruasi semakin sedikit, khususnya bila kita telah menginjak masa pramenopause. Pramenopause ialah masa transisi sebelum menopause, yang menciptakan tubuh Anda merasakan perubahan hormonal secara perlahan.
 
Biasanya terjadi di umur 40-50 tahun dan memakan waktu sampai sekitar 4-6 tahun sebelum Anda benar-benar merasakan menopause. Jangan cemas bila kita tiba-tiba merasakan volume darah menstrusi yang lebih sedikit seringkali atau bahkan sempat tidak merasakan menstruasi, ini masih normal.

8. Konsumsi obat-obatan

 
Tak hanya alat kontrasepsi, minum obat-obatan juga dapat memengaruhi menstruasi Anda sebab mempunyai kandungan bahan kimia di dalamnya. seperti NSAID (Ibuprofen, Advil, Naprosyn, dll), antidepresan, serta steroid.
 
Nah, sekarang kamu sudah tahu penyebab darah haid sedikit dan tidak lancar, sebaiknya hindari hal2 diatas ya ^_^

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Keputihan, dan Tips Mencegahnya Agar Tidak Kambuh Lagi

Previous article

Efek Samping Kuramo Kunyit Mas Dan Reaksi Awal Tubuh Saat Minum

Next article

You may also like

More in Haid