penyebab gangguan sistem pencernaan

Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan – Pernahkah anda merasa sakit perut ketika sedang banyak pikiran? Apa ya hubungannya? simak penjelasannya dibawah ini ya..

Stress umumnya menjadi penyebab gangguan sistem pencernaan. Ketika stress atau panik, biasanya akan perut terasa sakit melilit, perut begah, dan ingin bab.

Stress merupakan gangguan mental seseorang akibat adanya tekanan. Atau bisa juga diartikan sebagai mekanisme pertahanan diri atau mekanisme koping terhadap masalah. Stress dapat terjadi karena berbagai hal, mungkin karena pekerjaan yang belum selesai, keuangan yang tidak lancar, atau bahkan karena jodoh yang tak kunjung datang ^_^.
Ketika sedang banyak pikiran, Mereka juga sering merasakan efeknya pada perut mereka. diantaranya perut terasa sakit melilit, perut begah, dan mungkin tiba tiba ingin bab.  Ya asam lambung bisa kambuh akibat stress. Anda pernah mengalaminya??

Stress dapat mempengaruhi pencernaan karena 3 faktor ini :

  • Ternyata beban pikiran sangat mempengaruhi terjadinya peningkatan produksi asam lambung. Selain menyebabkan produksi asam lambung meningkat, stres juga dapat menyebabkan otot lambung berkontraksi. Hal ini dapat mendorong isi perut atau asam lambung menuju LES, dan naik ke kerongkongan hingga akhirnya menimbulkan gejala asam lambung seperti heartburn (dada terasa terbakar), terasa asam dan pahit dimulut, tenggorolan sakit dan gejala lainnya.
  • Ketika otak berjuang keras untuk melawan stres, organ ini memiliki sedikit energi yang tersisa yang harus ia gunakan untuk mengatur sistem tubuh lainnya. Hal inilah yang kemudian berujung pada gangguan sistem pencernaan. Lambung akan memproduksi lebih banyak asam ketika seseorang gelisah, cemas dan stress.
  • Perasaan takut yang tidak jelas atau dalam kata lain sering disebut ansietas ternyata dapat memicu hormon pengatur sistem pencernaan menjadi tak seimbang. Makanan dalam  sistem pencernaan bergerak lebih lambat dan akhirnya tubuh tidak dapat menyerap nutrisi utama dengan baik.

Sedang Viral : Merokok Dapat Menyebabkan Asam Lambung. Benarkah?

Pendapat lain

Namun beberapa peneliti mengeluarkan pernyataan bertolak belakang, yang sama sekali berbeda. Mereka mengatakan bahwa ketika kita stress, asam lambung yang dihasilkan justru normal atau bahkan menurun. Tetapi ketika stress, tubuh kita akan menjadi lebih sensitif. Akibatnya saat asam lambung yang diproduksi normal atau bahkan lebih sedikit, tubuh kita akan meresponnya dengan berlebihan sehingga munculah rasa tidak nyaman di lambung
Peneliti lain menyebutkan bahwa saat seseorang mengalami banyak pikiran atau stress, maka lapisan pelindung lambung yaitu yang disebut mukosa lambung menjadi lebih rentan, sehingga asam lambung bisa dengan mudah mengiritasi lapisan tersebut, yang akhirnya berujung pada gejala yang dirasakan termasuk rasa nyeri diperut.
Terlepas dari apapun teori dan pendapatnya, yang jelas yang kita temui dalam kenyataanya adalah asam lambung memang sangat dipengaruhi oleh pikiran seseorang, ketika ia mudah stress ya mau tidak mau ia akan mudah mengalami gejala asam lambung, sebaliknya orang yang dengan mudah mengatasi stressnya, ia dua atau tiga kali lebih sedikit resikonya untuk terkena asam lambung.
Maka dari itu sebaiknya kita lebih pntar lagi untuk memanajemen pikiran kita agar tidak mudah stress, diantaranya yaitu dengan santai untuk menghadapi suatu permasalahan, tidak terlalu memikirkan masalah, dan yang terakhir anda bisa menghindari dari stress dengan cara berlibur di alam bebas, menurut penelitian warna hijau dari daun sangat membantu dapat menghilangkan stress, mendengar gemericik air sungai atau air terjun juga sangat berguna untuk menghindai stress.

Sudah bosan dengan asam lambung yang gak kunjung sembuh? Minum ini!

Artikel bersangkutan :

  1. Mentimun Solusi Jitu Atasi Asam Lambung Hingga Tuntas
  2. 7 Tanda Kamu Sembuh dari Asam Lambung!
Semoga bermanfaat ya sobat ^_^

Kopi Untuk Asam Lambung: Rahasia Ngopi Tanpa Harus Kambuh

Previous article

Deteksi Penyakit GERD Sedini Mungkin, Begini Caranya!

Next article

You may also like

More in Asam Lambung