Lidah Buaya untuk Asam Lambung Ketahui Manfaatnya!

lidah buaya untuk asam lambung
cara meramu lidah buaya untuk asam lambung
Belum ada penilaian, Jadilah yang pertama memberi 5 bintang!

Lidah Buaya untuk Asam Lambung Ketahui Manfaatnya!

Pernah mendengar kalau lidah buaya berkhasiat untuk asam lambung? Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini bukan? Tumbuhan yang mudah kita jumpai di sekitar ini memiliki ciri-ciri dengan batang yang berserat, berlendir, bagian tepi daunnya berduri, daunnya tebal, bentuk daunnya mirip tombak, bau getah/lapisan lilin/lendirnya kurang sedap (bau langu).

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Lidah Buaya

Lidah Buaya (Aloe Vera) telah dipergunakan untuk banyak keperluan setelah berabad-abad. Kurang lebih 4000 tahun yang lalu sampai sekarang lidah buaya sangat dikenal akan banyak khasiatnya. Sejenis tumbuhan ini dikenal luas di masyarakat dengan manfaatnya yang banyak digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit.

Lidah Buaya Untuk Asam Lambung

Selain itu, manfaat lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat alami asam lambung. Asam lambung ialah ketika asam dari lambung merembes kembali ke tenggorokan. Naiknya asam ke dalam mulut merupakan gejala sensasi panas disekitar dada. Penyakit asam lambung ini sudah menjadi masalah umum yang terjadi di masyarakat.

Penyebab yang paling utama dari penyakit ini ialah otot sfingter esofagus bagian bawah melepaskan asam di dalam perut kembali ke kerongkongan. Penyebab lainnya termasuk memiliki kebiasaan memakan makanan yang pedas dan panas, gorengan, makanan bersantan, waktu makan tidak menentu, dan lain-lain.

Gejala yang muncul pada penderita asam lambung, diantaranya :

  • Ketidaknyamanan di dalam tenggorokan saat menelan makanan
  • Nyeri dada
  • Suara serak
  • Nyeri ulu hati
  • Sakit perut
  • Kembung dan bersendawa
  • Bau napas tidak sedap
  • Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari
  • Iritasi pada tenggorokan

Menurut pakar ahli kesehatan, bahwa lidah buaya memiliki khasiat untuk kesehatan sistem pencernaan kita, diantaranya mampu menjaga dan menyehatkan lapisan dinding lambung, mengatasi peradangan pada dinding lambung, mengobati luka pada lambung. Selain itu, lidah buaya mampu untuk mengurangi asam lambung yang berlebih.

Dengan begitu, lidah buaya ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda penderita asam lambung. Untuk cara pembuatan ramuan lidah buaya yang bisa Anda lakukan, berikut penjelasannya :

  • Ambil beberapa tangkai lidah buaya
  • Kupas kulitnya untuk diambil dagingnya
  • Cuci daging lidah buaya
  • Potong-potong agar mudah dihaluskan
  • Masukkan kedalam blender

Anda bisa menambahkan gula secukupnya, setelah itu blender sampai halus, Minum ramuan jus lidah buaya ini seperempat gelas pada saat 30 menit sebelum makan secara rutin.

Efek samping Lidah Buaya Untuk Asam Lambung

Pada dasarnya, jus lidah buaya murni terbilang aman dikonsumsi. Namun, kamu juga harus berhati-hati dengan jus lidah buaya yang dijual di pasaran, karena beberapa sudah tidak murni, terdapat berbagai campuran dan kandungan pewarna.

Jus lidah buaya yang tidak murni ini yang memiliki efek samping, yaitu di antaranya diare, kram usus, adenoma kolon, hingga kanker usus.

Bagi penderita kolitis ulseratif dianjurkan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi lidah buaya. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa efek samping yang disebabkan oleh jus lidah buaya adalah karena senyawa antrakuinon yang dianggap sebagai pencahar.

Meskipun antrakuinon adalah senyawa organik alami, Tapi senyawa ini dianggap memiiki racun dan sebaiknya dihindari.

Disarankan untuk cermat memilih produk olahan jus lidah buaya yang ada di pasaran. Karena marak sekali produk produk yang bukan bermanfaat mengkonsumsinya malah berbahaya

Pilihlah jus lidah buaya yang memang organik dan murni, jangan lupa baca label, komposisi dan tanggal kadaluarsa di kemasannya ya!..

Selain itu, jus lidah buaya ini juga tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil, karena tanaman hijau yang satu ini bisa memicu terjadinya kontraksi rahim bahkan keguguran. Tidak mau kan hal ini terjadi padamu?

Bagaimana dengan ibu menyusui?

Karena belum ditemukan efek samping bagi ibu menyusui secara pasti, sebaiknya para ibu menyusui menghindari atau membatasi asupan produk atau jus lidah buaya.

Karena beberapa kelompok menjelaskan bahwa lidah buaya dapat menimbulkan gangguan pencernaan pada ibu menyusui sekaligus pada bayinya, emm ngeri ya..

Orang yang memiliki alergi terhadap tanaman dari keluarga liliace seperti bawang, bawang putih dan tulip juga tidak dianjurkan mengonsumsi jus lidah buaya ataupun semua produk lidah buaya.

Dan yang tak kalah penting, jus lidah buaya telah terbukti dapat berinteraksi dengan obat tertentu. Jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu, konsultasikan dengan dokter tentang interaksi keduanya. Mengapa demikian?

jus lidah buaya ini ternyata dapat meningkatkan risiko efek samping obat. Lidah buaya juga dapat menambah efek sevoflurane yang dapat menyebabkan perdarahan berlebihan selama operasi. Nah, Bagi kamu yang akan melakukan operasi disarankan untuk tidak mengonsumsi jus lidah buaya sejak dua minggu sebelum operasi dilaksanakan.

Efek samping lainnya yang mungkin terjadi diantaranya yaitu menyebabkan diare, menyebabkan iritasi pada ibu hamil dan menyusui, menyebabkan kerusakan ginjal, dapat meningkatkan resiko sembelit dan dapat menyebabkan penipisan potasium dari sel-sel lapisan usus, dan lain-lain. Berhati hati ya mengkonsumsinya!

Yang sudah jelas aman, berkhasiat ampuh, dan sudah terbukti mengobati asam lambung, hanyalah kuramo kunyit mas . Buktikan sendiri keampuhannya!

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Beri kami semangat 5 bintang ya kak ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here