Khasiat Rumput Babandotan untuk Lambung

daun babadotan untuk asam lambung
efek samping daun babadotan, efek samping daun bandotan, mengobati luka lambung secara alami, daun sembung untuk asam lambung, kandungan daun babadotan, daun sirih untuk asam lambung, daun babadotan sebagai pestisida
5/5 (1)

Khasiat Rumput Babandotan untuk Lambung

Penyakit lambung seperti Maag memang sangat mengganggu, membuat tidak nyaman, mengganggu aktivitas, dan membuat badan terasa lemas. Tapi kamu Tidak usah panik karena ada tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menangani dan mengobati sakit maag tersebut. Si Herbal tersebut mudah didapatkan dan bisa ditemukan di sekitar halaman rumah kita, dialah Bandotan.

Apakah kamu tahu tanaman babandotan?

Apa itu Bandotan?

Bandotan (Ageratum conyzoides) adalah sejenis tanaman herbal yang termashuk suku Asteraceae. Tanaman herbal ini berasal dari Amerika tropis, khususnya Brasil. Akan tetapi, sudah sejak lama masuk dan meliar di wilayah Nusantara. Beragam suku bangsa di Indonesia sudah mengenal tanaman tersebut, urang sunda menyebutnya tanaman babandotan atau babadotan, wong jawa menyebut wedusan; Orang Madura menyebut dus-bedusan; dan sebagainya.

Tidak hanya di Indonesia bandotan juga dikenal di luar negeri dengan nama dalam bahasa Inggris seperti Billygoat-weed, Goatweed, Chick weed, atau Whiteweed. Herbal ini mendapatkan namanya bandotan atau wedusan pada karena bau yang dikeluarkannya menyerupai bau kambing (sinonim bandot/wedus).

Ciri khas daun babandotan

Setiap tumbuhan mempunyai ciri khas begitu juga bandotan. Kalau daunnya kita remas maka akan tercium aroma bandotan yang berbau keras. Habitus bandotan berupa herbal berbatang tegak atau merunduk dan bercabang-cabang dengan tinggi hingga 120 cm. Kalau batang dicabut dari tanah maka akan Nampak akar serabut.

Daunnya berbentuk bundar telur hingga seperti belah ketupat, 2–10 × 0,5–5 cm; dengan pangkal agak-agak seperti jantung, membulat atau meruncing; dan ujung tumpul atau meruncing bergerigi.

Permukaan atas dan bawahnya berambut, dengan kelenjar di sebelah bawah.

Bandotan merupakan tumbuhan yang mudah berbunga, ada satu atau banyak kuntum bunga majemuk yang terletak di ujung (atau disebut bunga terminal).

bunganya yang sama berkumpul dalam bongkol rata-atas, yang selanjutnya (3 bongkol atau lebih) terkumpul di malai rata terminal.

Bongkol nya memiliki panjang sekitar 6–8 mm, dan berisi 60–70 bunga, ujung tangkai nya berambut, dengan 2–3 lingkaran daun pembalut yang lonjong seperti sudip yang meruncing. Mahkota dengan tabung sempit, putih atau ungu. Buah kurung (achenium) bersegi-5, panjang lk. 2 mm; berambut sisik 5, putih.Babandotan

Habitat Alami Babandotan

Bandotan mempunyai tempat tinggal/rumah untuk tumbuh yang menyebar luas di seluruh wilayah tropika, bahkan hingga subtropika. Menurut catatan sejarah, bandotan memang didatangkan dari Meksiko, lalu Mengapa bandotan ada di Indonesia?.

Ternyata menurut sejarah Belanda mendatangkan tumbuhan ini ke Jawa sebelum 1860, kemudian telah menyebar luas di Indonesia. Di Amerika Selatan, tumbuhan ini malah dibudidayakan.

Bandotan merupakan tumbuhan pioneer (tumbuhan perintis) yang tumbuh di tempat-tempat terbuka di sawah-sawah yang mengering, ladang, pekarangan, tepi jalan, tanggul, tepi air, dan wilayah bersemak belukar. Ditemukan hingga ketinggian 3.000 mdpl, terna ini berbunga sepanjang tahun dan dapat menghasilkan hingga 40.000 biji per individu tumbuhan, sehingga mudah sekali menemukan tumbuhan ini dimanapun di wilayah Indonesia. Tumbuhan ini adalah pengelana sejati, sehingga bandotan juga bisa ditemukan di Afrika, Asia Tenggara, Australia, serta di Amerika Serikat.

Zat yang terkandung dalam babadotan

Berdasarkan laporan pada tahun 1987 babadotan mengandung Zat zat sebagai berikut: minyak esensial, alkaloid, dan kumarin. Meski demikian, tumbuhan ini juga memiliki daya racun. Di Barat sana, tumbuhan ini  dimanfaatkan sebagai insektisida dan nematisida.

Babandotan yang merupakan rumput liar ini mempunyai manfaat yang luar biasa banyak bagi manusia, khususnya bagi kesehatan.

Manfaat Tumbuhan Babandotan

Daun ini juga dapat dibuat menjadi ramuan tradisional yang kemudian dimanfaatkan sebagai obat penyembuh beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun babadotan ini adalah Sakit telinga bagian tengah akibat radang; Luka yang menimbulkan darah, bisul, dan eksim; Maag, Menyembuhkan borok; Rematik atau Asam urat; Pendarahan pada rahim; Tumor rahim; Sakit tenggorokan; Malaria dan influenza; serta Merawat rambut.

Cerita yang turun-temurun dari nenek moyang kita juga mengatakan bahwa babandotan dikenal luas sebagai obat luka.

Berikut ini Cara untuk mengolah daun bandota untuk dijadikan obat luar. yaitu seperti tumbuk beberapa bandotan kemudian campurkan dengan minyak goreng, lalu gunakanlah untuk obat luar saja.

Menurut Seorang ahli botani yang bernama Heyne dalam bukunya ‘Tumbuhan Berguna Indonesia’ daun tumbuhan ini diremas-remas, dicampur dengan kapur, dioleskan pada luka yang masih segar.

Selain itu air rebusan dari daun bandotan juga digunakan untuk mengobati sakit dada, sementara ekstrak daunnya untuk mengobati mata yang panas.

Akarnya di ditumbuk, kemudia dioles ke badan untuk mengobati demam tinggi; ekstraknya dapat diminum.
Daunnya juga bisa dijadikan obat tetes mata, dengan jalan menumbuknya; air tumbukan tersebut, bisa diteteskan ke mata untuk cuci mata.

Selain memiliki manfaat diatas, ternyata bandotan juga berkhasiat untuk mangatasi maag kronis.

Berikut cara mengolah tanaman babandotan sebagai obat maag :

  1. Siapkan Lima tumbuhan babadotan beserta akar, daun dan bunganya.
  2. Cuci hingga bersih, setelah itu masukan ke dalam panci, kemudian tambahkan 6 gelas air putih.
  3. Lalu panaskan atau godok hingga airnya mendidih dan menyusut hingga 2 gelas.
  4. Dinginkan, kemudian Minum sehari 2 x setiap pagi dan sore.

Fakta Mengenai Khasiat daun babandotan

Namun sangat disayangkan, hingga saat ini, belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa daun ini dapat mengobati asam lambung, dan belum diketahui juga apa efek sampingnya. Sehingga banyak sekali orang yang meragukan pengobatan asam lambung dengan menggunakan cara ini.
.
Bagi anda yang merasa ragu, anda tidak perlu khawatir, karena terdapat cara lain yang lebih ampuh dan sudah terbukti dapat menyembuhkan asam lambung dan maag dengan total. Yaitu dengan mengonsumsi kuramo kunyit mas.
Kuramo kunyit mas sangat direkomendasikan untuk anda yang belum menemukan pengobatan yang benar benar dapat menyembuhkan asam lambung.
Selain khasiatnya yang sangat ampuh, harganya juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan yang lain yang jauh lebih mahal, anda wajib mencoba, karena sejauh inu sudah sangat banyak konsumen kami yang mendapatkan kesembuhan,

Percaya? ini buktinya!

KURAMO Kunyit Mas

Kuramo Kunyit Mas adalah ramuan herbal asli indonesia yang terbuat dari bahan rempah-rempah kunyit organik Tanpa kandungan bahan kimia sedikitpun. Kunyit Mas diracik oleh para ahli dengan takaran yang pas dan sudah terbukti memiliki berbagai khasiat, terutama sangat berkhasiat untuk masalah pencernaan seperti Maag, GERDAsam lambungTukak lambung dan Gangguan pencernaan lainnya.

Selain untuk kesehatan pencernaan, Meminum Kuramo kunyit mas anda juga akan mendapatkan khasiat lainnya, Seperti :

  • Mengatasi Sembelit/Diare,
  • Mengatasi Mual,
  • mengatasi mudah lelah karena asam lambung
  • Mengatasi Mulas,
  • Mengatasi Perih,
  • Mengatasi Kembung,
  • Mengatasi Gastritis,
  • Mengatasi Perut Begah,
  • Mengatasi Radang Usus,
  • Meningkatkan Kualitas ASI,
  • Mencegah Kanker dan Tumor,
  • Berfungsi Sebagai Antibiotik Alami,

Dengan meminum segelas kuramo kunyit mas, anda sudah mendapatkan khasiat yang segitu banyaknya, tentunya ini adalah sebuah penghematan bagi anda.

Kenapa Harus Kuramo Kunyit Mas?

1. Kuramo Kunyit Mas sudah mendapatkan izin DINKES PIRT Dengan No. 213320201820, Sudah sangat aman dan teruji.

2. Kuramo Kunyit Mas sudah mendapatkan lebel HALAL dari MUI, yaitu LP-POM MUI-JB 01121067881211, anda tidak perlu khawatir lagi dengan ke halalannya,

3. Kuramo Kunyit mas launching pada tahun 2014, artinya sudah 4 tahun lebih kuramo kunyit mas  membantu para penderita asam lambung untuk mencapai kesembuhannya. Dengan waktu selama ini tentunya mengartikan bahwa khasiat kuramo kunyit mas memang sudah terbukti adanya, dan produknya dapat diterima dengan sangat baik oleh masyarakat luas.

Jika khasiatnya tidak terbukti, mana mungkin bisa bertahan selama 4 tahun, benar kan?

4. Dengan pengalaman selama ini, kuramo kunyit mas terus melakukan inovasi, dan pembaruan yang bertujuan untuk menyempurnakan khasiat dan kegunaannya.

5. Kuramo Kunyit mas sudah terjual lebih dari 40.000 botol, dan sudah menjangkau lebih dari 500 Kota diindonesia, bahkan karena khasiatnya yang sudah terbukti, kuramo kunyit mas sudah terkirim ke beberapa negara di Asia, seperti malaysia, taiwan dan singapura.

6. Harganya sangat murah, jika dibandingkan dengan khasiat yang akan didapatkan.

7. Sudah banyak orang yang merasa terbantu oleh kunyit mas Seperti Testimoni diatas.

Tunggu apalagi? Klik tombol dibawah dan pesan sekarang, Dan dapatkan promo Menariknya!

 

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Beri kami semangat 5 bintang ya kak ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here