Hari raya nyepi 2019

Hari Raya Nyepi 2019- Hari raya nyepi merupakan tahun baru baru hindu berdasarkan kepada kalender saka. Dan Seperti yang telah kita ketahui, Umat hindu terbesar di indonesia berada di bali. Maka tak heran banyak sekali berbagai kegiatan keagamaan hindu yang dilaksanakan disana, terutama di hari hari besar umat hindu seperti hari raya nyepi.

Meurut publicholidays .co.id, Hari raya nyepi adalah tradisi yang diawali dari masa lampau dimana orang bali meyakini bahwa dengan berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas apapun diluar akan mengelabui roh jahat, Berdasarkan keyakinan ini, roh roh jahat yang ingin mengganggu dan menyiksa manusia akan pergi meninggalkan pulau dengan sendirinya karena berfikir pulau ini tidak berpenghuni. Sampai saat ini yaitu hari raya nyepi di tahun 2019, seluruh umat hindu masih menjaga kepercayaan ini.

Pada hari raya nyepi, semua umat hindu khususnya di bali tidak akan melakukan aktivitas apapun. Selain rumah sakit, semua pelayanan umum dan tempat wisata yang ada disana semua ditutup.

Sebelum Umat hindu merayakan nyepi, mereka akan melakukan berbagai tradisi atau upacara yang akan dilakukan.

Rangkaian Ritual yang dilakukan pada Hari raya Nyepi 2019

1. Upacara Melasti

upacara melasti merupakan upacara penyucian yang dilaksanakan pada 2 sampai 3 hari sebelum hari raya nyepi dilaksanakan.

Umat hindu akan pergi ke sumber air seperti danau atau laut dengan membawa perangkat peribadahan seperti simbol dewa atau pratima, dan arca untuk disucikan.

2. Pawai Ogoh ogoh

ogoh ogoh atau pawai ogoh ogoh akan dilaksanakan tepat satu hari sebelum hari raya nyepi.

ogoh ogoh sendiri adalah patung besar sebagai simbol dari bhuta kala yang menggambarkan wujud dari kejahatan.

Patung ini kemudian di bawa dan di arak, Setelah ogoh ogoh selesai diarak ogoh ogoh ini akan dibakar untuk mengusir roh jahat.

3. Puncak Perayaan nyepi

Kegiatan ketiga adalah kegiatan puncak perayaan nyepi, Seluruh umat hindu bali tidak akan merayakan aktivitas apapun di luar rumah, maka tak heran jika perayaan nyepi berlangsung semua tempat dibali akan sepi tak ada yang beraktivitas.

Dilansir dari Babadbali.com hal ini dilakukan karena umat hindu di bali melaksanakan Catur brata penyepian, yang terdiri dari amati lelungaan (tidak berpergian), amati lelanguan (menghentikan kesenangan), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati karya (tidak melakukan pekerjaan).

4. Ngembak Geni

Setelah puncak hari raya nyepi dilaksanakan, keseokan harinya masyarakat bali kembali melakukan aktivitas seperti biasanya, dan melaksanakan sebuah upacara yaitu upacara ngembak geni.

pada upacara ngembak geni, semua umat hindu melakukan sembahyang dan memanjatkan doa. Setelah selesai mereka akan melakukan dharma shanti atau saling meminta maaf satu sama lain.

Kuramo Indonesia mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 untuk saudaraku umat Hindu. Semoga keheningan Nyepi membawa harmoni dan kedamaian untuk kita semua

Dalam momentum ini mari kita galakan Semangat menjaga persatuan dan persaudaraan antar beragama.

Salam sehat kuramo indonesia!

Cara Menghilangkan Mual Apapun Penyebabnya

Previous article

He Does Not Believe That Does Not Live According to His Belief

Next article

You may also like

More in Lainnya