gejala penyakit jantung pada wanita

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Serangan jantung merupakan kondisi medis darurat yang harus ditangani secara cepat dengan mengunjungi rumah sakit terdekat dan mendapatkan penanganan yang tepat. Tapi tahukah kamu jika gejala sakit jantung pada wanita berbeda dengan gejala serangan jantung yang dialami oleh pria.

Bila selama ini sakit jantung identik dengan rasa sakit di dada, kondisi yang terjadi pada wanita bisa berbeda. Hal ini sebaiknya kamu ketahui sejak dini agar bisa mengantisipasi bertambah buruknya kondisi penyakit jantung yang kamu atau orang lain yang kamu sayangi, misalnya adik atau kakak perempuan dan bahkan ibumu.

Kenali gejala sakit jantung pada wanita yang perlu kamu waspadai:

1.Rasa Nyeri

Gejala sakit jantung pada wanita yang paling umum terjadi adalah rasa nyeri yang terjadi pada bagian rahang, leher, punggung atau lengan. Jika pada pria yang merasakan nyeri pada lengan yang tangan sebelah kiri saja, maka berbeda dengan wanita yang memiliki rasa nyeri pada dada dan menyebar ke sekitar punggung bawah atau atas.

Rasa nyeri tersebut terjadi disaat yang tak menentu dan memiliki ukuran kekuatan nyeri yang cukup kuat sehingga bisa jadi kamu tiba-tiba terbangun dari tidur karena merasa nyeri.

2.Berkeringat dan Sesak Nafas

Ketika wanita sudah mengalami masa menopause, tubuh menjadi mudah dan sering berkeringat. Tertapi bisa saja tanpa disadari, ini merupakan salah satu gejala sakit jantung pada wanita. Bukan hanya itu, gejala lainnya yaitu mengalami sesak nafas yang memburuk ketika selesai beraktivitas atau berada dalam posisi berbaring.

3.Sakit Perut

Kebanyakan para wanita mengganggap sakit perut terjadi karena sedang mengalami gangguan lambung, mulas atau hal lain. Tapi ternayata, sakit perut bisa jadi merupakan gejala sakit jantung pada wanita dengan perut yang mengalami tekanan atau tertimpa beban yang berat. Tidak hanya itu, si pengidap akan merasakan rasa tidak nyaman pada perut seperti mual.

4.Batuk yang Tak Kunjung Henti

Waspada ketika kamu memiliki riwayat atau faktor risiko penyakit jantung dan mengalami batuk-batuk yang tak kunjung henti.

Karena mungkin saja itu adalah gejala sakit jantung. Batuk pada pengidap sakit jantung biasanya memiliki dahak berwarna putih atau merah muda yang berarti jantung tidak dapat bekerja dengan baik sehingga terdapat darah yang bocor dan kembali ke paru-paru.

5.Mudah Lelah

Pengidap sakit jantung akan mudah lelah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari bahkan saat baru ingin melakukannya dan terbilang biasa saja seperti berjalan kaki, menaikki atau menuruni tangga, membawa barang belanjaan dan lainnya yang cenderung muncul rasa lelah tanpa alasan yang jelas.

Itulah 5 gejala sakit jantung pada wanita yang perlu kamu ketahui dan waspadai. Pada dasarnya tidak ada manusia yang ingin mengalami sakit. Tapi sebenarnya sakit adalah keadaan yang tidak dapat kita perkirakan meskipun kita sudah melakukan aktivitas yang baik untuk tubuh.

Buah Untuk Asam Lambung, Konsumsi Setiap Hari Jika ingin sembuh!

Previous article

Ciri Ciri Darah Tinggi: Ketahui Sebelum Terlambat!

Next article

You may also like

More in Lainnya