ciri ciri asam urat tinggi
Lainnya

Ciri Ciri Asam Urat Tinggi, Ketahui Sebelum Parah!

ciri ciri asam urat tinggi

Ciri Ciri Asam Urat Tinggi, Ketahui Sebelum Parah! – Anda pasti sudah sangat tidak asing dengan penyakit asam urat bukan? tapi apakah anda tahu apa pengertian dan ciri cirinya? simak penjelasan berikut ini ya.

Ciri ciri Asam urat

Asam urat dapat terjadi pada siapa saja, dan pada semua rentang usia, namun memang lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada anak anak.

Asam urat atau encok kebanyakan terjadi tanpa gejala ringan, terjadi secara mendadak. Oleh karena itu, banyak orang yang menyimpulkan asam urat adalah termasuk penyakit yang akut.

Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui apa saja ciri cirinya agar kita dapat melakukan pencegahan dan penanganan agar tidak semakin parah, dan menghindari resiko terberatnya.

Kadar Asam urat yang tinggi dapat menimbulkan berbagai gejala, namun gejala yang paling mencolok dalam penyakit ini adalah pembengkakan pada sendi, yang menimbulkan rasa sakit. Hal ini diakibatkan oleh asam urat yang menggumpal dan membantuk kristal, kristal ini lebih dikenal dengan kristal urat.

Bahkan tak hanya satu sendi saja, beberapa orang mengalami pembengkakan diberbagai sendi mereka, tentunya rasa sakit yang ditimbulkannya pun lebih parah lagi.

Pembengkakan pada sendi ini juga termasuk dalam ciri ciri asam urat tinggi. Lalu Apakah ciri ciri lain asam urat tinggi yang sering terjadi?

Ciri ciri lain Asam urat tinggi

1. Hiperurikemia

Hiperurikemia adalah sebuah kondisi dimana kadar asam urat dalam darah sudah melewati batas normal. Batas normal asam urat dalam darah untuk pria dewasa adalah kisaran antara 7 mg/dL, dan untuk perempuan dewasa adalah 6 mg/dL. Untuk mengetahuinya anda dapat melakukan tes darah serum urate.

2. Rasa nyeri di berbagai titik persendian

Ciri ciri pertamanya adalah rasa nyeri di berbagai titik persendian, yang paling banyak terjadi adalah sendi pada jempol kaki, sendi lain yang biasanya terpengaruhi adalah seperti pergelangan kaki, lutut, kaki, tangan dan lainnya.

Nyeri pada sendi ini juga umumnya berbeda pada setiap orang, ada yang hanya merasa sakit pada satu bagian sendi saja, dan ada yang lebih dari satu.

3. Peradangan dan kemerahan pada sendi

Ciri lain yang dapat dilihat adalah peradangan. Sendi yang terdapat kristal asam urat didalamnya akan mengalami peradangan, sendi ini juga biasanya berubah warna menjadi kemerahan.

Sendi yang mengalami peraedangan juga akan terasa sakit jika tersentuh, selain itu sendi juga akan terasa lebih kaku.

4. Rasa tidak nyaman

Meskipun serangan asam urat telah mereda, tetapi tetap akan meninggalkan rasa yang sangat tidak nyaman. Jika anda mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda jangan panik tetap tenang. Dan coba melakukan berbagai aktivitas ringan yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Umumnya gejala atau ciri ciri asam urat diatas akan meningkat semakin parah, pembengkakakn yang terjadi dapat semakin besar, dan dapat menyebabkan kerusakan pada sendi.

Tentunya hal ini tidak boleh dianggap sepele, maka dari itu, sebaiknya penderita asam urat mendapatkan penanganan yang tepat agar dapat terhindar dari resiko yang mungkin terjadi.

Share jika bermanfaat

Cara Mengatasi Masuk Angin Berat

Previous article

Sakit Ulu Hati Dan Sesak Nafas Karena Asam Lambung

Next article

You may also like

Berikan Tanggapan