fbpx

Berat Badan Turun Karena Asam Lambung? Naikin Lagi Begini Caranya

Berat Badan Turun Karena Asam Lambung? Naikin Lagi Begini Caranya

Pada umumnya, penurunan berat badan dapat disebabkan oleh berbagai hal, mungkin karena berubahnya pola makan, gaya hidup yang tidak sehat, asupan energi lebih rendah dari kebutuhan kita, dan disebabkan oleh penyakit. Penyakit yang paling umum diderita dan banyak menyebabkan penurunan berat badan adalah penyakit asam lambung.
Penyakit yang berhubungan dengan peningkatan produksi asam lambung yang berpengaruh terhadap berat badan adalah sebagai berikut :
– Maag
– Gastritis
– GERD

Mengapa ketiga penyakit diatas menyebabkan penurunan berat badan??

Logikanya seperti ini ya, Maag, gastritis maupun GERD merupakan gangguan pada lambung, dimana lambung adalah salah satu organ yang berperan penting untuk mencerna makanan, mengolah nutrisi yang masuk kemudian menjadikannya energi, dan untuk menjaga keseimbangan tubuh bahkan  untuk menambah berat badan, dan sebagainya.
Jika organ ini terganggu, baik karena maag, GERD ataupun Gastritis, otomatis lambung tidak dapat bekerja dengan baik, asupan bisa saja tidak dicerna dengan baik. selain itu ketiga penyakit diatas menyebabkan gejala yang sangan mengganggu, seperti mual, muntah, perut begah, dan lainnya hal ini juga dapat menyebabkan nafsu makan yang menurun dan akan berimbas pada penurunan berat badan yang drastis.  Untuk lebih jelasnya silahkan setelah membaca habis tulisan ini anda bisa baca artikel tentang Kurus Karena Asam Lambung.
Sebenarnya cara untuk membantu meningkatkan berat badan antara pengidap gangguan asam lambung dengan orang sehat pada umumnya hampir sama. Namun terdapat beberapa perbedaan didalamnya.

Berat Badan Turun Karena Asam Lambung? Naikin Lagi Begini Caranya :

  • Atur pola makan anda.

Makanlah 3 kali sehari dengan gizi seimbang dan ditambah 2 kali makanan kecil. penderita asam lambung juga biasanya memiliki masalah dengan porsi makan, maka dari itu sebaiknya jangan terlalu banyak, namun anda bisa makan lebih dari 3 kali dalam sehari.

Gizi seimbang merupakan susunan asupan makanan sehari hari yang mengandung zat gizi lengkap yaitu diantaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

  • Perbanyak asupan Protein dan Karbohidrat

Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat berpengaruh dalam menaikan berat badan. Makanlah asupan protein dan karbohidrat ini seperti, ikan, daging (sebaiknya jangan daging merah), Tempe, Tahu, Roti (pilih roti yang mengandung gandum atau biji bijian, roti jenis ini mengandung banyak vitamin, nutrisi serta serat yang sangat baik untuk lambung)

  • Berolahraga secara teratur.

Berolahragalah dengan teratur dan cukup, Biasanya setelah berolahraga perut akan terasa lapar, karena energi yang telah terkuras oleh gerakan tubuh dalam olahraga. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan, yang akan membantu anda untuk menaikkan berat badan. Namun penderita asam lambung sebaiknya jangan berolahraga yang berat seperti angkat beban, pull up, atau yang lainnya, Berjalan kaki secara teratur selama 30 menit saja sudah cukup.

  • Istirahat yang cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Baik penderita asam lambung maupun orang sehat pada umunya sama saja yaitu harus beristirahat yang cukup, beristirahat merupakan suatu kebutuhan bagi kita, Kebutuhan istirahat ini berbeda disetiap orangnya, namun beberapa peneliti menyebutkan bahwa istirahat atau tidur selama 8 jam perhari dirasa cukup untuk mengumpulkan energi kembali. Jangan bergadang ya!

  • Memperbanyak minum air putih.

Minumlah air putih dengan cukup yaitu kurang lebih 8 liter disetiap harinya, Bahkan minum segelas air putih hangat ketika bangun tidur dan belum mengkonsumsi apapun, sangat membantu meringankan gejala asam lambung. Begitupun dengan minum segelas air putih hangat sebelum tidur. Silahkan mencoba!

  • Kelola stress anda

Sebaiknya anda jangan terlalu memikirkan sesuatu hal yang berat, jangan stress tak hanya membuat nafsu makan hilang, stress juga sangan berperan dalam menaikan produksi asam dilambung anda. Anda bisa menghindari stres dengan cara berlibur, melupakan sejenak masalah yang anda hadapi, dekatkan diri kepada sang pencipta, bahkan untuk beberapa orang melakukan hoby atau kegemaran dirasa cukup untuk menghilangkan beban fikiran. Just Have fun!

Baca Juga : Obat yang sudah membantu jutaan orang menyembuhkan asam lambung

Selain melakukan tips diatas, anda juga sebaiknya lebih memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Makan tepat pada waktunya
  • Jika tidak dapat makan langsung dengan jumlah yang banyak, makanlah dengan porsi sedikit tetapi sering
  • Hindari konsumsi kopi yang berisi kafein
  • Jauhi konsumsi makanan atau camilan yang asam dan pedas
  • HIndari konsumsi buah – buahan yang berisi tingkat keasaman yang tinggi
  • Anda bisa mengkonsumsi camilan berserat dan bernutrisi tinggi (seperti camilan yang berisi granola, biji -bijian, atau havermut) disaat senggang atau disela-sela waktu santap besar
  • Hindari konsumsi minuman yang bergas atau bersoda
  • Management stress yang baik
  • Hindari stress jasmani maupun stress psikis
  • Istirahat yang cukup
  • Tidur malam paling tidak 7 jam
  • Hindari begadang
Sekarang anda sudah tahu tipsnya, Lakukan tips diatas dengan baik dan bersungguh sungguh, dengan begitu berat badan anda akan bertambah hingga kembali normal seperti semula. Saya harap anda melakukannya, saya akan sangat senang jika tips diatas dapat membantu anda ^_^
Sebagian dari anda mungkin menganggap penyakit GERD, Maag, dan gastritis adalah sama, atau meski sudah tahu berbeda tapi masih sulit membedakannya kan?
                          Inilah Perbedaan Maag Kronis dan Maag Akut
                          Inilah Perbedaan Asam Lambung Naik dan GERD
                                    Mentimun Solusi Jitu Atasi Asam Lambung Hingga Tuntas
                                    Apa Hubungan Asam Lambung Naik Dengan Gangguan Cemas Panik?
                                   Siapa Sangka Ternyata Kacang Kedelai Mampu Tuntaskan Maag
                                   Harus tau! Inilah Efek Samping Kopi Pada Penderita Asam Lambung

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Konsultasi GRATIS