hubungan antara asam lambung dan cemas
hubungan antara asam lambung dan cemas

Apa Hubungan Asam Lambung Naik Dengan Gangguan Cemas Panik?

Apakah anda pernah mengalami kejadian seperti, tiba2 jantung berdebar sangat kencang, Pandangan kabur, rasanya sudah seperti mau mati, badan lemas, kliyengan? Dan secara bersamaan anda juga menderita gangguan asam lambung??
Sebagian penderita asam lambung atau GERD pasti pernah mengalami kejadian seperti yang telah dijelaskan diatas. Memang jika dilihat secara sekilas hubungannya sangat jauuh, penyakitnya dilambung eh, bikin suasana hati panik, bahkan takut mati mendadak. Namun jika dilihat secara medis, jelas kedua hal ini sangatlah berkaitan, lalu apa ya kaitannya???

Asam lambung atau GERD

Sebelumnya, perlu kita ingat Asam lambung yang naik atau Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah masalah kesehatan umum yang menyebabkan penderitanya merasa terbakar di dada, (heartburn) dan regurgitasi asam lambung dari perut. Perut kita membutuhkan asam lambung untuk membantu proses pencernaan. Selama asam lambung itu tetap berada dalam perut dan melakukan tugasnya dengan baik, hal ini tidak menjadi sebuah masalah.
Namun, jika asam lambung keluar dari rumahnya, atau naik ke kerongkongan, maka akan menimbulkan gejala-gejalanya. Mungkin akan mengalami rasa terbakar di tenggorokan, di dada, rasa asam dan pahit di mulut, mual dan muntah, bahkan dalam kondisi serius bisa menyebabkan kebocoran pada jantung dan paru-paru.

Lalu Apakah penyebab GERD?

Diantara kerongkongan dan lambung terdapat Lower esophageal sphincter (LES). Sederhananya, LES merupakan pintu otomatis yang memisahkan lambung dan kerongkongan, pintu ini berbetuk sebuah cincin otot yang akan mengendur untuk memungkinkan makanan masuk dari kerongkongan ke perut, lalu akan menutup ketika tidak ada makanan yang masuk.
Pada penderita GERD LES ini tidak dapat berfungsi dengan baik, yaitu dapat terbuka meskipun tidak sedang makan, yang memungkinkan asam lambung untuk naik kekerongkongan kita.

Kecemasan dan stres dapat meningngkatkan risiko GERD.

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, baik kecemasan dan depresi berhubungan erat dengan risiko dua sampai empat kali lipat penyakit GERD.
Bahan kimia otak yang disebut cholecystokinin atau disingkat CCK, dikaitkan dengan panik dan gangguan pencernaan, yang memainkan peran dalam timbulnya GERD pada orang dengan gangguan kecemasan.
Sebagian orang berpendapat bahwa kecemasan, atau stress dapat menambah produksi asam lambung yang akhirnya menyebabkan refluks asam lambung.
Nah, jika Asam lambung naik ke kerongkongan kemudian akan menyebabkan kerja jantung menjadi lebih cepat. Hal inilah yang menyebabkan rasa panik, cemas, dan gelisah, atau lebih familiar disebut anxiety. Karena kaitannya ini, beberapa orang salah megartikan gangguan GERD dan anxiety sebagai satu penyakit dengan menyebutnya sebagai penyakit GERD Anxiety.

Anxiety

Anxiety atau anxiety disorder merupakan rasa cemas berlebihan yang dialami seseorang. Dengan frekuensi yang cukup sering, sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, maka dari itu, anxiety ini juga sering disebut gangguan kecemasan. Anxiety disebabkan banyak hal, salahsatunya ialah karena naiknya asam lambung atau GERD.
Bahkan beberapa orang akan merasakan gejala seperti, tidak enak didalam perut ( ulu hati menjalar ke dada) disertai jantung berdebar kencang, badan panas dan rasa seperti ada yang mencekik di leher, takut setengah mati. Perasaan ingin mati, takut akan sesuatu menimpa, pikiran2 negatif terus berdatangan. Sekujur tubuh kram kesemutan, kliyengan, badan panas, lemas, jantung berdebar.

Penanganan Asam lambung, GERD dan Anxiety

Selain perlu ditangani masalah fisik medisnya, yaitu refluks asam lambung juga sangat dibutuhkan untuk bisa mengatur dan mengkontrol resa cemasnya.
Ketika kondisi cemas paniknya teratasi dengan baik, mak akan berimbas baik pada keluhan lambungnya, keluhan lambungnya bisa jauh berkurang bahkan akan hilang. Penanganan yang tepat dan menyeluruh sangat dibutuhkan. Mengingat jika tidak diobati, refluks asam lambung dapat menyebabkan peradangan lapisan esofagus yang akan mengakibatkan kesulitan menelan, nyeri dada kronis, dan bahkan dapat menyebabkan kanker kerongkongan.
Untuk mendapatkan obat yang sudah terbukti dapat mengatasi asam lambung GERD dan Anxiety anda bisa melihatnya  >>>>>DISINI<<<<<
Semoga Bermanfaat!

Siapa Sangka Ternyata Kacang Kedelai Mampu Tuntaskan Maag

Previous article

Berat Badan Turun Karena Asam Lambung? Naikin Lagi Begini Caranya

Next article

You may also like

More in Lainnya