tips berpuasa bagi penderota maag

5 Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag – Memasuki bulan ramadhan, semua umat islam yang sudah baligh dan berakal diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa selama 1 bulan penuh, terkecuali memang ada beberapa golongan yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, seperti halnya orang yang sedang sakit. Jadi, jika maag anda sudah terhitung parah, anda bisa kok tidak berpuasa, dengan catatan menggantinya setelah tubuh kembali sehat nanti.

Namun memang bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu tunggu, karena seperti yang telah kita ketahi, dalam bulan ini semua amal ibadah kita dilipat gandakan pahalanya, maka tak heran, meskipun sedang sakit banyak orang yang bersikukuh untuk melakukan puasa ramadhan.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai 5 Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag. mudah-mudahan bisa bermanfaat, dan anda dapat menjalani ibadah dengan lebih khusyu lagi.

1. Jangan pernah melewatkan makan sahur

Sahur sangatlah penting, karena dengan makan sahurlah tubuh kita mendapatkan asupan energi untuk menjalani aktivitas sehari penuh, sebelum berbuka nanti.

Terlebih bagi para penderita maag, sebaiknya jangan pernah berpikir unruk melewatkan makan sahur, karena ini akan sangat berdampak pada kesehatan lambung anda.

2. Jangan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung naik

Makanan seperti makanan pedas, asam, bersoda, berkafein, berminyak
dan beberapa jenis makanan lainnya dapat memicu produksi asam lambung meningkat, dengan begitu, maag akan sangat mudah untuk kambuh. lambung terasa sakit, dan tubuh akan terasa tidak nyaman. Dan tentunya ini akan mempengaruhi kualitas kita dalam beribadah dibulan ramadhan ini. Sebaliknya perbanyaklah konsumsi makanan sehat bernutrisi ketika sahur dan berbuka.

2. Jangan tidur setelah sahur

Dengan diharuskannya makan sahur, tubuh dipaksa untuk bangun lebih awal dibanding biasanya. Karena tidak terbiasa, alhasil setelah makan sahur kita sering merasa ngantuk dan akhirnya tidur lagi.

Memang terasa sangat nikmat, namun jika kita tahu, hal ini sangat berbahaya dilakukan, terlebih untuk penderita maag.

Hal ini dapat memicu produksi asam lambung secara berlebihan, dan menimbulkan berbagai gejala yang sangat mengganggu.

Untuk menyiasatinya, makanlah pada akhir waktu sahur seperti yang disunnahkan oleh rasulullah, dan isilah waktu sebelum menunggu adzan shubuh dengan kegiatan yang lebih berguna seperti tadarus alquran, shalat sunnah dan kegiatan ibadah lainnya.

3. Makanlah secukupnya ketika berbuka

Makan berlebihan sangat tidak baik, hal ini dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan mengakibatkan maag kambuh. Makanlah dengan secukupnya, agar kita bisa mendapatkan manfaat baiknya. Selain itu, makan secara berlebihan juga sebenarnya tidak dianjurkan dalam ajaran agama kita, jadi selain menjaga tubuh agar tetap sehat, tidak berlebihan saat makan adalah bentuk ketakwaan kita kepada allah SWT.

4. Makanlah 3/4 jam sebelum tidur

Untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap berjalan dengan baik, berhentilah makan setidaknya 3 atau 4 jam sebelum anda tidur, hal ini sangat rentan menyebabkan maag kambuh.

5. Minum Kuramo Kunyit Mas Sebelum sahur dan berbuka

Selain merubah kebiasaan kita, hal yang taalah penting yang harus lebih diperhatikan adalah pengobatan untuk maag itu sndiri. Agar maag tidak kambuh, maka sangat dianjurkan untuk minum kuramo kunyit mas ketika sebelum sahur, dan berbuka puasa.

Kuramo kunyit mas terbuat dari bahan alami, yang sudah dibuat khusus untuk mengatasi maag, (maag kronis atau akut) asam lambung dan GERD.

Untuk Lebih jelasnya silahkan klik link >>> www.kuramokunyitmas.com

Kunyit untuk asam lambung

6 Tips atasi sakit haid berlebihan dengan mudah

Previous article

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Kerongkongan

Next article

You may also like

Comments

Berikan Tanggapan

More in Lainnya