30 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

30 manfaat kunyit putih

30 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan, Sering disebut Zedoaria atau Amba Haldi, kunyit putih sebenarnya adalah akar dari tanaman Curcuma zedoaria. Ini adalah ramuan abadi dan merupakan anggota keluarga genus Curcuma dan Zingiberaceae. Tanaman Curcuma zedoaria adalah tanaman asli India dan Indonesia, tetapi juga telah dibudidayakan di Eropa dan Amerika Serikat.

Sejarah Kunyit Putih

Ini diperkenalkan ke Eropa oleh orang-orang Arab sekitar abad keenam, tetapi penggunaannya sebagai bumbu di Barat saat ini sangat jarang, digantikan oleh jahe. Meskipun kunyit putih saat ini jarang digunakan lagi sebagai bumbu dan sering digantikan oleh jahe, masih digunakan dalam masakan Asia. Di Indonesia, bubuk kunyit putih sering ditambahkan ke masakan kari. Di Thailand, kunyit putih segar yang diiris digunakan sebagai bahan dalam salad. Dan dalam masakan India kunyit putih segar juga digunakan sebagai bahan untuk hidangan populer.
Menanam

30 Manfaat Kunyit Putih

Zedoaria atau White Ginger adalah tanaman tahunan herba dan rhizomatous yang tumbuh setinggi 1,2 m dan terdiri dari pseudostem tegak, umbi dan cabang-cabang silindris bawah tanah atau rimpang dan akar berdaging.

Rimpang berwarna kuning muda di bagian luar dan kuning cerah di bagian dalam menua menjadi warna coklat yang lebih gelap. Beberapa akar mengembangkan struktur penyimpanan terminal.

Dari Maret hingga April tunas aksila dari korma dan tunas apikal rimpang orde tiga muncul di atas tanah sebagai perbungaan. Lonjakan bunga basal ini, yang tingginya sekitar 30 cm, muncul tepat sebelum dedaunan. Pada simpul yang paling dekat dengan lonjakan bunga, tunas vegetatif selalu berkembang.

Tidak ada tunas bunga tambahan yang tumbuh tetapi tunas yang tumbuh lebih vegetatif. Cabang-cabang baru mulai berkembang pada umbi tunas udara yang baru terbentuk. Menjelang musim gugur, dedaunan di atas tanah mati kembali.

Dari November hingga Desember, akar penyimpanan terbentuk, yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi (> 70%).

Ini digunakan secara tradisional untuk pengobatan gangguan menstruasi, pencernaan yg terganggu, muntah dan untuk kanker. Orang-orang pedesaan menggunakan rimpang untuk sifat rubefacient, karminatif, ekspektoran, demulen, diuretik, dan stimulan, sementara akar digunakan dalam pengobatan perut kembung, dispepsia, dingin, batuk dan demam.

Sejarah

Selama abad pertengahan, kunyit putih dihargai dalam perdagangan rempah karena orang mengira aromanya adalah kombinasi mangga, kunyit, dan jahe. Tanaman ini juga dinyatakan dalam puisi abad ke-13 Roman de la Rose, dan dipuji oleh Nicolas Culpeper, seorang dukun abad ke-17, karena kemampuannya melawan racun, mengusir angin, tetap muntah, menghentikan menstruasi dan fluks, membunuh cacing, dan membantu kolik.

Manfaat kesehatan dari Kunyit Putih
Kunyit Putih sangat baik untuk tubuh kita. Kunyit putih memiliki berbagai konstituen kimia yang mencakup tianin, pati, curcumin, minyak atsiri, gula, saponin, resin, flavonoid, hingga protein beracun yang memiliki kemampuan mencegah pertumbuhan sel kanker. Di bawah ini tercantum beberapa manfaat kesehatan dari menggunakan kunyit putih dalam kehidupan sehari-hari Anda

30 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

1. Menyehatkan organ Pencernaan

Selama ribuan tahun, kunyit putih telah digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, sebagian besar di saluran pencernaan. Minyak esensial ramuan dan ramuan itu sendiri bermanfaat dalam pengobatan kolik, gangguan pencernaan, sesak, kehilangan nafsu makan, kutu cacing, perut kembung, buang air besar tidak teratur, dan hambar. Ini juga merupakan bantuan alami dalam mencegah ulserasi terkait stres.

2. Masalah Pernafasan

Dalam Ayurveda, kelebihan kapha dosha disebabkan oleh cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru dan area tubuh lainnya. Dahak dan lendir menghalangi saluran hidung dan menyebabkan kesulitan bernapas dan gangguan pernapasan seperti pilek, asma, dan batuk.

3. Meredakan Peradangan dan Nyeri

Kunyit putih adalah agen anti-inflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya. Ini digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia untuk mengobati penyakit radang usus (radang usus besar). Itu juga digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan membatasi pelepasan mediator inflamasi selama terapi jangka pendek.

Sifat diuretik zedoary mendukung penghilangan zat beracun dan kelebihan cairan tubuh, terutama pada persendian. Jika tidak ada detoksifikasi, itu dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit pada kasus radang sendi dan rematik. Kunyit putih juga mengurangi suhu tubuh selama demam dengan membersihkan mikroba infeksius dan meningkatkan keringat.

4. Aktivitas antimikroba

Ekstrak umbi menunjukkan aktivitas anti-mikroba yang kuat terhadap E.coli, S.aureus, spesies Cornyebacterium, Candida sp, Aspergillus sp. dll.

Penelitian menemukan bahwa aksi anti-mikroba C. zedoaria sama kuatnya dengan obat kumur komersial dalam menghambat pertumbuhan patogen oral.

Aktivitas anti-jamur zedoaria efektif dalam menghentikan pertumbuhan spesies jamur yang resistan terhadap obat. Ini juga mencegah pertumbuhan amuba, Entamoeba histolytica dan juga memberikan efek larvisidal terhadap nyamuk.

5. Properti anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit

Curcumenol, senyawa yang diperoleh dari rimpang ini, menunjukkan aktivitas penghilang rasa sakit lebih baik daripada aspirin. Ekstrak rimpang terbukti memiliki aktivitas penghilang rasa sakit dalam model kejang perut dan senyawa-curcumenol dan dihydrocurdione berkontribusi pada aktivitas analgesiknya.

6. Bersifat anti-alergi

yang ke enam dari 30 manfaat kunyit putih ini adalah sifat anti alergi. Minyak Curcuma zedoaria memiliki aktivitas antioksidan sedang hingga baik; mereka mencari radikal bebas dan ion logam berat chelate. Curcuminoids hadir dalam ekstrak Curcuma zedoaria mengerahkan aktivitas anti-alergi dan ditemukan sebagai terapi dalam reaksi alergi yang berhubungan dengan kulit. Curcumin menunjukkan aktivitas anti-alergen tertinggi dan ini dimediasi dengan menghambat aktivitas protein inflamasi dan mencegah pelepasan bahan kimia yang memicu reaksi alergi.

7. Antibakteri dan antijamur

Kunyit diyakini dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut dengan hasil yang sama dengan produk obat kumur di pasaran. Selain itu, ekstrak kunyit putih juga dipercaya menghambat aktivitas jamur di tubuh manusia.

8. Obat antinyeri

Kunyit putih diyakini dapat digunakan sebagai analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, efek analgesik ini tergantung pada berapa banyak dosis yang Anda gunakan.

9. Obat maag

Tepung dari akar kunyit putih diduga mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung sehingga bisa digunakan sebagai obat tukak. Manfaat ini masih memerlukan penelitian klinis pada manusia.

10. Anti-toksik

Ekstrak kunyit putih juga bisa menjadi penawar atau penawar ular. Ini bisa terjadi karena kunyit putih dapat menghambat aktivitas racun ular.

11. Anti-kanker

Kunyit putih dipercaya memainkan peran penting dalam menghambat metastasis kanker atau penyebaran kanker dari suatu organ ke organ lain. Namun, efektivitasnya untuk mengatasi kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Antioksidan Minyak atsiri kunyit putih seharusnya mengurangi dampak radikal bebas tertentu.

Kunyit putih juga dipercaya bermanfaat untuk pengobatan gejala radang sendi, asma, anti rematik, dan obat diuretik.

12. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi kunyit putih dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, keduanya masih membutuhkan penelitian medis untuk membuktikannya.

13. Obat untuk kewanitaan

Kunyit putih diduga dapat mengobati keluhan wanita seperti keputihan, meredakan rasa sakit saat menstruasi, dan mempercepat menstruasi. Namun, ini belum terbukti secara medis dan masih perlu penelitian lebih lanjut.

14. Mengatasi asam urat

kunyit putih juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat, merontokkan zat purin yang telah mengkristal di dalam tubuh, menanggulangi peradangan, meringankan rasa nyeri dan sakit yang diakibatkan oleh asam urat yang berlebih, serta menangkal terjadinya penyakit lain semisal ginjal.

15. Mengatasi asma

kunyit putih juga bermanfaat untuk membantu mengatasi asma. dapat membersihkan lendir di paru-paru, menanggulangi iritasi serta pembengkakan yang terjadi karena penyumbatan saluran udara, antiseptic dan antibakterinya bisa membunuh infeksi yang dapat membantu membersihkan dahak, meminimalisir kejang asma, dan frekuensi serangan asma yang mendadak.

16.Mengatasi amandel

kunyit putih memiliki sifat anti-bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada amandel, menghindari peradangan dan pembengkakan, menyembuhkan amandel, dan mengempiskan radang yang telah membengkak.

17. Meningkatkan Kesuburan

Belum banyak yang tau akan Khasiat kunyit putih yang satu ini. Menurut beberapa riset yang dilakukan, ternyata kunyit putih dapat menambah kesuburan baik untuk lelaki maupun wanita.

Cara mengolahnya lumayan mudah, ambil kunyit putih secukupnya, kemudian parut hingga halus. Kemudian rebus lalu, saring dan minm airnya ketika sudah hangat. Konsumsi ramuan ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.

18. Mengatasi kista

Kunyit putih dipercaya dapat mengatasi berbagai macam jenis kista, untuk menggunakannya minumlah ramuan kunyit putih dengan teratur.

19. Mengatasi keputihan

Keputihan sangat menyiksa penderitanya, tak hanya terasa gatal, juga akan menyebabkan bau yang tidak enak. Nah, untuk mengatasinya cukup dengan rutin meminum air rebusan kunyit putih. atau bisa juga digunakan sebagai pembersih organ kewanitaan. dengan begitu keputihan akan cepat menghilang.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan lainnya juga buntuk mengobati batuk, mual, melindungi hati, anemia, Mengatasi ambeien, Mengobati miom, Mengobati masuk angin, Mengatasi luka bakar dan eksim, menghindarkan orang dari stress dan perasaan gelisah yang berlebih, Meredakan gejala arthritis, Mengobati diare, dan masih banyak lagi. Demikian ulasan mengenai 30 manfaat kunyit putih untuk kesehatan, Semoga Bermanfaat sobat!

Jangan lupa share ya!

Berikan Tanggapan